Selasa, 06 Desember 2011

Perancis


PETA NEGARA PERANCIS 



Negara                                   : Perancis
Ibu kota                                  : Paris
Luas wilayah                         : 543.965 km2
Bentuk pemerintahan             : Kerajaan Berkonstitusi
Jumlah penduduk                   : 60.424.210 jiwa
Lagu kebangsaan                  : "Alloms Enfants Ealapatrie"
Bahasa                                   : Perancis
Agama                                    : Katolik, Islam, Protestan
Mata uang                               : Franc dan Euro


PROFIL NEGARA PERANCIS
A. BENTUK PEMERINTAHAN NEGARA PERANCIS
Bentuk pemerintahan Negara Perancis adalah Republik. Kepala negaranya adalah presiden dan kepala pemerintahannya perdana menteri. Ibu kota yang sekaligus sebagai pusat kegiatan pemerintahannya adalah Paris.
Kepala Negara di Perancis dipilih untuk masa jabatan 7 tahun. Kepala Negara ini merupakan pemegang kekuasaan terbesar. Beliaulah yang menunjuk perdana menteri, menteri-menteri, panglima militer, dan pejabat-pejabat tinggi lainnya.
Parlemen Perancis terdiri dari majelis nasional dan senat. Majelis nasional dipilih untuk masa bakti 5 tahun, sedangkan senat dipilih secara tidak langsung untuk masa bakti 9 tahun.


B. LETAK, BATAS DAN LUAS
Letak Astronomis :
Secara astronomis Negara Perancis Terletak diantara 42o LU – 51o LU dan antara 5o BB – 9o BT
Batas-batas Negara :
a. Sebelah timur : berbatasan dengan Negara Jerman, Swiss, dan Italia.
b. Sebelah Barat : berbatasan dengan Teluk Biscay
c. Sebelah utara : berbatasan dengan selat Inggris dan Belgia.
d. Sebelah selatan : berbatasan dengan laut mediterania dan Negara Spanyol
Luas :
Luas negara Perancis adalah 543.965 km2.Dibanding dengan luas negara Indonesia yang luasnya 1.906.240 km2. Berarti luas negara Perancis lebih sempit dibandingkan dengan luas negara Indonesia.


C. BENTANG ALAM NEGARA PERANCIS
a. Dataran Rendah
Dibagian barat dan tengah terdapat dataran rendah yang membentang sepanjang pantainya. Dataran ini merupakan dataran terluas di Benua Eropa. Hampir setengah dari dataran rendahnya memiliki ketinggian kurang dari 250 m dari permukaan air laut. Tanah di dataran ini bersifat sangat subur sehingga banyak dipergunakan sebagai lahan pertanian.
b. Dataran Tinggi
Di daerah Tanjung bagian barat terdapat Dataran tinggi Brittanny yang tanahnya kurang begitu subur akibat seringnya terjadi erosi. Dibagiantengah terdapat dataran tinggi tengah (Massif Central) yang menjadi hulu dari sungai Garonne, sungai Loire, dan sungai Cher.
c. Pegunungan
Daerah pegunungan terdapat di bagian selatan dan timur. Di bagian selatan terdapat pegunungan Pyrene. Dibagian timur berturut-turut dari utara ke selatan terdapat pegunungan vosges, pegunungan Yura, dan pegunungan Alpen. Puncak tertinggi deretan pegunungan tersebut adalah gunung Blanc (4.807 m), dan merupakan gunung tertinggi di Perancis.
Pegunungan Vosges merupakan hulu dari sungai Seini yang mengalir melalui paris dan bermuara ke selat inggris. Sungai Seine beserta cabang-cabangnya dimanfaatkan sebagai sarana lalu lintas sungai. 


D. IKLIM NEGARA PERANCIS
Sebagian besar wilayah Negara Perancis beriklim laut sedang. Iklim ini sangat cocok sekali untuk kegiatan pertanian. Curah hujan rata-rata berkisar 500-1.200 mm setiap tahunnya. Suhu rata-ratanya sekitar 15oC. Suhu rendahnya 9oC terjadi di kota Lille, sedangkan suhu tertingginya 19,5oC terjadi di kota Strasbourg.


E. PENDUDUK NEGARA PERANCIS
Penduduk Negara Perancis berjumlah 60.424.210 jiwa dengan laju pertumbuhan penduduknya 0,3% setiap tahunnya, dan kepadatan penduduk 111 jiwa/km2.
Penduduk asli Negara Pernacis adalah orang Perancis. Kelompok etnis lain yang terdapat di Perancis berasal dari kaum imigran yang sebagian besar datang dari negara Portugis, Maroko, Italia, dan Tunisia. Bahasa persatuan penduduk Negara Perancis adalah bahasa Perancis.
Sebagian besar penduduk Perancismenganut agama katolik Roma (76,4%) dan lebihnya ada yang menganut Islam, Protestan, dan Yahudi.


F. KEGIATAN EKONOMI PEMDUDUK PERANCIS
Perekonomian Negara Perancis didukung oleh beberapa sektor antara lain sebagai berikut.
1) Pertanian
Tanaman pertanian di Negara Perancis banyak ditanam di bagian utara dan timur laut. Di daerah ini tanahnya sangat subur dan sangat cocok ditanami bit (tebu) dan gandum. Di bagian selatannya banyak ditanami anggur (penghasil terbesar ke-2 dunia).
Hasil-hasil pertanian lainnya yaitu kentang, Barley, apel, dan sayur-sayuran
2) Peternakan
Jenis ternak yang dipelihara adalah lembu, biri-biri, dan babi. Hasil ternaknya berupa susu (pengahasil terbesar ke-3 dunia), daging, keju, dan mentega. Daerah-daerah peternakannya terdapat di pantai barat laut (sapi perah), Normandia dan Requefort (keju), dan Perancis tengah (daging).
3) Perikanan
Jenis-jenis ikan yang dihasilkan antara lain ikan haring, ikan cod, ikan tuna, dan kerang-kerangan. Penagkapan ikan dipusatkan di pelabuhan pantai Armorica. Pabrik pengalengan ikan terdapat di kota Boulogne dan Lorient.
4) Pertambangan
Jenis-jenis tambang yang terdapat di Perancis antara lain sebagai berikut
· Batu bara, terdapat di Artois, Nord, dan Lorraine.
· Minyak bumi, terdapat di Landes.
· Gas alam terdapat di pegunungan Pyrene (merupakan sumber gas alam terbesar).
· Bijih besi dan fosfat, terdapat di Lorraine.
· Bauksit, terdapat di Brignoles, Provence, dan Largen Tiere.
· Potas, terdapat di selatan Alsace.
· Garam, terdapat di Midi, Vendee, dan Lorraine.
5) Perindustrian
Jenis-jenis yang diusahakan dan dikembangkan antara lain sebagai berikut.
· Industri pengawetan dan pengalengan ikan terdapat di Boulogne dan Lorient.
· Industri/Proyek tenaga listrik raksasa pertama di dunia yang menggunakan arus pasang surut, terdapat di muara sungai Rance di teluk Saint-Malo (Bretagne).
· Industri mobil terbesar terdapat di Renault.
· Industri besi baja, terdapat di Usinor Dunkerque dan Fos – Sur – Mer.
· Industri pesawat terbang, terdapat di Paris dan Toulouse.
· Industri kimia, terdapat di Lyon.
· Industri elektronika, terdapat di Paris.
6) Perdagangan
· Ekspor utama Negara Perancis adalah mobil, lokomotif, kapal barang, barang kimia, tekstil, pakaian, persenjataan, dan anggur.
· Impor Negara Perancis adalah batu bara, kapas, minyak bumi, bahan mentah industri, dan alat-alat transportasi.
· Mitra dagang utamanya ialah Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE) dan Amerika Serikat.


G. KEBUDAYAAN NEGARA PERANCIS
Negara perancis terkenal dengan seni bangunan, seni busana, seni lukis, dan seni pahat. Di samping, Perancis juga memiliki sejumlah ilmuan, penulis, pemikir, musikus, seniman, teknorat, dan arsitek terkenal dunia.
Kemajuan kebudayaan Negara Perancis telah dikenal luas di dunia internasional. Salah satu buktinya yaitu dengan adanya Menara Eiffel di Kota Paris yang termasuk keajaiban dunia. Menara ini di bangun sejak tahun 1889 dengan tinggi 325 meter.
Perancang-perancang mode yang paling terkenal di dunia berasal dari Perancis. Paris sebagai ibu kota Perancis terkenal dengan kota seni dan mode.
Pendidikan di Negara Perancis langsung dikelola oleh Pemerintah. Di semua jenjang, pendidikan tidak dipungut biaya. Wajib belajar diterapkan kepada anak yang berumur 6-11 tahun untuk jenjang sekolah dasarnya. Sedangkan sekolah menengahnya yang disebut dengan Lycee diberikan selama 4 tahun pada usia 11-15 tahun. Perancis memiliki perguruan tinggi. Perguruan tinggi tertua dan terbesarnya adalah Universitas Paris yang didirikan sejak tahun 1150.


H. KOTA-KOTA PENTING NEGARA PERANCIS
·         Marseilles :
Kota pelabuhan utama Negara Perancis. Kota ini terletak di Pantai Laut Mediterania. Sejak zaman kuno, barang-barang maupun kebudayaan Afrika, Asia, dan Timur Tengah memasuki Perancis melalui pelabuhan ini.
·         Strasbourg :
Ibu kota provinsi Alsace. Kota ini juga merupakan Pelabuhan paling penting di sungai Rhein. Kota ini telah lama menjadi persimpangan jalan bagi perdagangan dan industri. Kota ini uga terkenal makanannya yang terbuat dari hati angsa yang dinamakan Pate de Foiegras.
·         Toulose :
Pusat industri pesawat terbang. Kota ini terletak di sebelah utara Pyrene.
·         Lyons : Pusat industri sutra.
·         Paris : Ibu kota negara Perancis. Kota ini juga terkenal sebagai pusat
industri barang mewah dan mode busana. Kota ini mendapat
julukan Laville Lumiere atau kota Cahaya.


I. BENTUK KERJA SAMA PERANCIS DENGAN INDONESIA
1) Bidang Diplomatik
Masing-masing Negara menempatkan duta besar sebagai perwakilannya.
2) Bidang Sosial Ekonomi
·         Negara Perancis banyak membantu Negara Indonesia melalui CGI (Consultative Group on Indonesia). Hal ini sangat membantu sekali dalam proses memperlancar pembangunan ekonomi di Indonesia.
·         Banyak Perusahaan-perusahaan swasta Perancis yang menanamkan modalnya di Negara Indonnesia.
3) Bidang Pendidikan Dan kebudayaan
·A. Tukar menukar pelajar, mahasiswa, dan staf pengajar. Mahasiswa Indonesia banyak melanjutkan sekolahnya pada bidang kedokteran, ekonomi, teknik, dan sastra di Perancis. Sedangkan mahasiswa Perancis banyak belajar di Indonesia pada bidang sastra dan budaya.
 B. Di bidang budaya, negara Indonesia sering melakukan pagelaran / pameran di negara Perancis sebagai upaya promosi agar wisatawan Perancis lebih banyak yang berkunjung ke Negara Indonesia.
4) Bidang Perdagangan
·A.  Impor dari Indonesia antara lain minyak sawit, kopi, lada, kayu lapis, dan ikan.
·B. Ekspor ke Indonesaia antara lain lokomotif, barang elektronoka, mobil, kapal terbang, pakaian, dan parfum.


Reaksi:

2 komentar: