Selasa, 06 Desember 2011

Kenya


PETA NEGARA KENYA


Negara                         : Kenya
Ibu kota                       : Nairobi
Luas wilayah                : 582.646 km2 
Bentuk pemerintahan  : Republik
Jumlah penduduk         : 32.021.860 jiwa (2005)
Lagu kebangsaan          : "O God of All Creation"
Bahasa                         : Swahili
Agama                         : Protestan, Katolik, Islam
Mata uang                   : Shilling


PROFIL NEGARA KENYA

A. BENTUK NEGARA/ PEMERINTAHAN KENYA
 Negara kenya terbagi atas delapan wilayah pemerintahan daerah. Kedelapan tersebut yakni bagian tengah, daerah pantai, bagian timur, Nairobi, bagian timur laut, Nyanza, bagian barat, dan Rift Valley. Bentuk negara Kenya adalah republik dengan kepala negara dan pemerintahan seorang presiden. Pusat pemerintahan berada di kota Nairobi yang sekaligus menjadi ibu kota negara.

B. LETAK, BATAS, DAN LUAS NEGARA KENYA

Ø Letak Astronomis           :
Terletak diantara 5o LU – 5o LS dan antara 35o BT – 45o BT
Ø Letak Geografis             :
Kenya terletak di daerah pantai timur Benua  Afrika yang  berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.
Ø Batas-batas Negara       :
a. Sebelah timur     : berbatasan dengan Somalia.
b. Sebelah Barat     : berbatasan dengan Uganda.
c. Sebelah utara     : berbatasan dengan Ethiopia.
d. Sebelah selatan  : berbatasan dengan Tanzania.
Ø Luas                                   :
Luas negara Kenya adalah 582.646 km2. Dibandingkan Dengan luas negara Indonesia yang luasnya 1.906.240 km2. Berarti luas negara Kenya lebih sempit dibandingkan dengan luas negara Indonesia.

C. BENTANG ALAM NEGARA KENYA
            Secara garis besar, Bentang alam negara Kenya terbagi atas daerah dataran pantai, dataran tinggi, lembah yang luas, dan padang rumput (sabana), serta semak-semak.
 a. Dataran Rendah
            Di daerah pantai banyak tumbuh pohon kelapa dan palem. Di daerah lepas pantai yang masih dalam lingkup perairan terdapat terumbu karang (coral reef )yang kelihatan dengan jelas pada waktu pasang surut.
b. Dataran Tinggi dan Pegunungan
            Pegunungan dan dataran tinggi terdapat di bagian barat daya negara Kenya. Puncak tertinggi negara Kenya adalah Gunung Kenya (5.199 m).
c. Gunung
            Gunung tertinggi di negara Kenya adalah Gunung Kenya (5.199 m) Gunung ini merupakan gunung tertinggi kedua di Benua Afrika setelah Gunung Kilimanjaro.                                                       
d. Sungai
            Sungai utama yang terdapat di negara Kenya adalah Sungai Tana dan Sungai Athi. Dua sungai ini mengalir ke timur melalui daerah belukar menuju Samudera Hindia. Lokasi daerah semak belukar 32 km dari pantai ke arah utara dan barat. Daerah ini merupakan bentangan yang sangat luas terdiri atas pepohonan rendah yang berduri dan perdu.

D. IKLIM NEGARA KENYA
            Berdasarkan letak astronomisnya, sebagian besar wilayah Kenya beriklim tropis. Akan tetapi, di beberapa tempat mempunyai iklim yang berbeda sesuai dengan kondisi lingkungan alamnya. Misalnya, daerah pegunungan dan dataran tingginya beriklim sejuk.
            Di Negara Kenya terdapat dua danau besar, yaitu Danau Victoria dan Danau Ruduolf. Di bagian utara dari Danau Ruduolf beriklim panas dan kering. Negara Kenya mengalami dua musim yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Musim kemarau terjadi pada bulan Februari sampai dengan Bulan Mei musim penghujan terjadi pada bulan Juni sampai Bulan Desember. Bulan Januari biasanya disebut bulan peralihan.

E. PENDUDUK NEGARA KENYA
            Jumlah penduduk Kenya 32.021.860 jiwa. Pertumbuhan penduduknya 3,2% per tahu dengan kepadatan penduduk 56 jiwa/km2.
            Penduduk Negara Kenya terdiri atas beraneka ragm suku bangsa. Namun demikian, secara garis besarnya dapat dibagi menjadi empat kelompok suku bangsa yaitu sebagai berikut.
a.        Suku Kikuyu. Suku ini merupakan suku bangsa terbesar di Kenya. Sebagian besar suku Kikuyu menempati kota Nairobi bagian utara. Suku Kikuyu menganggap Gunung Kenya sebagai benda keramat. Dewa mereka, yaitu Dewa Ngai , bersemayam di gunung Kenya.
b.        Suku lou. Suku ini menempati daerah di pesisir Danau Victoria dan di kawasan Nyanza.
c.        Suku Luhya. Suku ini merupakan suku minoritas yang menempati daerah-daerah pedalaman.
d.        Suku Masai. Suku ini hidup berpindah-pindah atau nomaden bersama dengan hewan ternaknya. Masyarakat Masai biasanya memakai pakaian yang terbuat dari kulit. Mereka terkadang memakai baju luar mirip jubah yang dibuat dari bahan sprei atau selimut.
Kelompok-kelompok suku bangsa yang lain adalah kelompok masyarakat Eropa, Asia, dan Arab. Bahsa persatuan Negara Kenya adalah bahasa Swahili. Agama-agama yang dianut penduduk Kenya adalah Protestan (38%), Katholik(26%), Islam (6%), dan Animisme (27%).
                                               
F. KEGIATAN EKONOMI NEGARA KENYA
            Pendapatan per kapita rata-rata- penduduk Kenya kurang lebih sebesar US$ 390. Pendapatan ini didukung oleh berapa sektor antara lain sebagai berikut.
1)    Pertanian
Pertanian merupakan hasil tulang punggung perekonomian Kenya. Hasil-hasil pertaniannya antara lain padi, tebu, gandum, buah-buahan, sayur-sayuran, kopi, kapas, dan jagung.
2)    Peternakan
Kenya merupakan salah satu negara penghasil susu diBenua Afrika. Hewan-hewan yang diternakan antara lain biri-biri, kambing, sapi, domba, dan unta.
3)   Pertambangan
Hasil tambang Negara Kenya memberi nilai tambah devisa bagi negaranya. Barang-barang tambangnya antara lain batu kapur, emas, tembaga, dan minyak bumi.
4)   Perindustrian
Sektor industri Negara Kenya baru menyumbang seperlima pendapatan domestik bruto dengan menyerap tenaga kerja 10%. Hasil indutrinya antara lain semen, tekstil, barang kimia, makanan kaleng, kendaraan bermotor, dan gula tebu.
5)   Perdagangan
Barang-barang ekspornya yaitu teh, kopi, sisal, gula, serbuk soda, dan semen. Barang-barang impornya yaitu bahan kimia, pakaian, alat rumah tangga, minyak mentah, mesin-mesin pertanian, dan mobil.
6)   Pariwisata
Daerah yang menjadi tempat pariwisata umumnya berupa wisata alam.

G. KEBUDAYAAN
            Kebudayaan Negara Kenya tidak jauh berbeda dengan negara-negara Afrika Selatan dan Tengah. Negara Kenya mulai berkembang maju setelah merdeka di Inggris. Salah satu budaya yang sedang dikembangkan adalah bidang pendidikan. Jumlah sekolah-sekolah meningkat dengan cepat, termasuk universitasnya.
H. KOTA-KOTA PENTING DI NEGARA KENYA
·   Nairobi       : Ibu kota Negara Kenya Kota ini juga merupakan kota budaya
·   Mombasa   : Kota pelabuhan dan industri
·   Lodwar       : Kota perdagangan
·  Kakamega  : Kota pariwisata. Kota ini terletak di tepi Danau Victoria
I. BENTUK KERJA SAMA KENYA DENGAN INDONESIA
            1) Bidang Diplomatik
                Cotohnya masing-masing negara menempatkan duta besar sebagai perwakilannya.
            2) Bidang Perdagangan
                          Impor dari Indonesia antara lain berupa tekstil, pakaian jadi, tembakau, pupuk,, kaca, ban Mobil, dan rempah-rempah.
Ekspor ke Indonesia antara lain berupa karet sintetis, plat baja, pipa besi, dan garam.

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar